Selama pandemik corona muncul banyak orang yang merasa dirugikan, apalagi para pedagang yang mana banyak sekali dari mereka para pedagang yang sudah hampir gulung tikar. Selain dari pada pedagang banyak sekali orang-orang yang di PHK dari kantor atau kehilangan pekerjaannya karena pandemik ini, dan hal ini menyebabkan orang-orang mau gamau berada dirumah tanpa adanya penghasilan.

Selain para pedagang atau pekerja yang kehilangan kerjaan, para murid dan mahasiswa pun kini harus melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan sistem online. Dan tidak sedikit juga anak-anak yang mengeluh tentang pembelajaran di rumah ini. Karena selain banyaknya tugas yang diberikan oleh para guru dan dosen, namun banyak anak yang mengeluh juga bahwa para orang tuanya tidak memberikan uang saku.

Untuk para orang-orang yang baru saja di PHK dari perusahaannya, atau usahanya yang sudah gulung tikar bukan berarti tidak ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar pendapatan tetap masuk. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan ketika masa pandemik ini adalah dengan membuka sebuah usaha. Di masa pandemik ini ketika membuka usaha harus bisa mengerti strategi usaha agar usaha tidak cepat tutup.

Strategi Usaha di Masa Pandemi

Ada banyak sekali strategi-strategi dalam sebuah bisnis, namun di masa pandemik seperti ini diperlukan strategi khusus agar usaha yang sedang dijalankan mendapat perhatian dari banyak orang. Jika Anda merupakan seseorang yang sedang berusaha untuk membangun sebuah bisnis, maka Anda harus membaca artikel ini hingga selesai, karena artikel ini berisi strategi yang bisa digunakan untuk sebuah bisnis.

  • Dapat Menemukan Strategi untuk Melindungi Bisnis

Jika Anda ingin membuka usaha dengan mendatangkan orang ke rumah, maka Anda harus membuat pelindung diri untuk diri Anda sendiri atau pun untuk orang lain yang akan berbelanja di usaha yang Anda buat. Pelindung ini seperti adanya handsanitizer atau pun mewajibkan para pembeli menggunakan masker atau face shield. Dan juga Anda sebagai penjual harus memiliki batasan. Begitu pun untuk bisnis online yang bisa menjadi kebersihan pada barang dagangannya.

  • Memperkuat Komunikasi Walau ada Jarak

Untuk yang sudah memiliki bisnis pastinya adanya wabah seperti ini membawa dampak yang sangat besar. Dimana yang tadinya ketika berjualan bertemu langsung dengan orang-orang, namun kini tidak bisa. Meskipun tidak bisa bertemu banyak orang lain, namun yang namanya usaha harus tetap berjalan agar tidak gulung tikar.

Komunikasi adalah kunci yang utama di masa seperti ini. Agar usaha tetap berjalan dengan lancar, maka harus lah komunikasi dengan para konsumen di media sosial atau membuat sesuatu di media sosial yang dapat menarik perhatian banyak orang.

  • Memperkuat strategi pemasaran

Di saat-saat seperti ini strategi pemasaran adalah yang paling penting. Pemasaran harus jelas arahnya kemana dan buat lah promosi yang mana membuat semua orang tertarik dengan promosi yang dibuat. Karena tidak boleh bertemu banyak orang, maka bisa membuat strategi pemasaran seperti Delivery Order, atau pun membuat makanan yang mana bisa tahan lama sehingga ketika dipaketkan bisa sampai tanpa harus basi.

  • Promosi dengan Orang terkenal

Jika berbicara promosi itu memang hal yang benar agar usaha yang dijalankan dapat terus berjalan atau semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis yang sedang dijalankan. Namun agar lebih banyak orang yang tertarik dengan usaha yang kita miliki, bisa melakukan promosi dengan orang terkenal.

Melakukan promosi dengan orang yang terkenal ternyata cukup berpengaruh terhadap bisnis yang sedang dijalani. Promosi seperti ini biasanya dilakukan di Instagram, karena jika selebgram yang melakukan promosi atas brand yang kita punya, maka akan banyak orang yang melihat promosinya, dan kemudian bisa mengunjungi laman usaha yang kita miliki.

  • Sering Mengadakan Give Away

Siapa sangka ternyata usaha yang sering mengadakan kegiatan seperti give away ini juga berpengaruh dalam mempertahankan usaha. Karena ada banyak orang yang tertarik dengan hadiah-hadiah seperti ini, sehingga semakin banyak orang yang tertarik maka semakin banyak juga orang-orang yang akan mengunjungi bisnis yang sedang dijalankan ini. Maka dari itu penting bagi para pengusaha untuk lebih sering mengadakan give away.

Karena sudah banyak sekali orang-orang yang memiliki bisnis melakukan give away dan usaha mereka menjadi lebih baik.

Nah itu lah beberapa strategi yang bisa digunakan untuk yang sedang menjalankan bisnis atau yang akan membuka bisnis di masa pandemik seperti ini. Strategi orang dalam mempertahankan bisnisnya berbeda-beda, namun diatas adalah hal-hal kecil yang bisa dilakukan. Dengan begitu bisnis yang dijalankan selama pada masa pandemik akan bertahan cukup lama.