Di masa pandemik virus corona ini membuat semua orang tidak bisa kemana-kemana. Namun meskipun tidak bisa pergi kemana pun bukan berarti tidak bisa melakukan belanja seperti biasa. Karena seperti yang kita ketahui bahwa zaman sekarang merupakan zaman modern yang mana kini semua sudah bisa dilakukan secara online bahkan untuk belanja sehari-hari.

Menurut informasi, atau data dari Bank Indonesia telah mencatat bahwa di masa pandemik ini transaksi dengan menggunakan uang elektronik menjadi sangat kuat pada bulan Juli 2020 dengan presentasi mencapai 24,42% dan transaksi dengan menggunakan  digital banking juga sangat meningkat hingga 38,81% dan ini diprediksi akan terus meningkat di pandemik ini.

Karena jumlah persentase transaksi digital atau digital banking yang naik secara drastis, membuat OJK atau Otoritas Jasa Keuangan mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam melakukan digital banking atau transaksi digital supaya tetap aman. Berikut adalah artikel tips bertransaksi digital dengan aman tanpa harus khawatir.

Tips Bertransaksi Aman dengan Transaksi Digital

  • Menghindari Menggunakan Wifi Umum Ketika Sedang Bertransaksi

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengatakan bahwa jika sedang melakukan transaksi dengan transaksi digital, maka jangan menggunakan fasilitas Wifi di tempat umum. Karena jika menggunakan Wifi di tempat umum memiliki resiko yang sangat tinggi seperti contohnya adalah pencurian data pribadi. Karena jika data pribadi dicuri itu akan sangat berbahaya, karena bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

  • Belanja Online di Situs atau Aplikasi Belanja Online yang Dipercaya

Ketika memutuskan untuk belajar secara online maka harus bisa memastikan terlebih dahulu bahwa situs atau aplikasi belanja online tersebut merupakan aplikasi dan situs yang terpercaya. Karena jika berbelanja menggunakan situs dan aplikasi belanja online yang terpercaya maka biasa situs dan aplikasi tersebut akan memberikan garansi atau pun akan bertanggung jawab dengan semuanya.

  • Rajin Mengganti Kata Sandi atau Tidak Sembarangan Memberikan Kata Sandi (OTP)

Sebenarnya kata sandi atau pin, harus diganti secara berkala entah itu dari huruf, tanda baca, angka dan semuanya atau pun mengubah kata sandi yang unik. Dan jangan dengan mudah memberikan Pin atau kata sandi ke sembarang orang, dan juga harus menghindari aplikasi yang menginginkan data pribadi miliki kita.

Dalam bertransaksi apalagi transaksi yang dilakukan secara elektronik atau pun online benar-benar harus berhati-hati. Karena dengan menggunakan sistem online, maka bisa sewaktu-waktu data pribadi milik kita akan diambil oleh pencuri dan kemudian data pribadi milik kita akan disalahgunakan. Ada banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab, dan pihak-pihak tidak bertanggung jawab itu bisa berasal dari situs atau aplikasi belanja online yang digunakan.

Nah bagi yang suka belanja online ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika akan berbelanja online. Untuk mengetahui hal-hal tersebut maka dari itu wajib baca artikel ini hingga selesai.

Tips Berbelanja Secara Online

Jika ingin belanja online nyaman dan aman, maka harus perhatikan tips belanja online yang ada di artikel ini. Tips-tips belanja online yang aman dan nyaman diantaranya yaitu :

  • Memastikan Online Shop Bisa Dipercaya

Jika ingin berbelanja secara online, maka harus bisa memastikan terlebih dahulu bahwa online shop yang dipilih merupakan online shop yang terpercaya. Biasanya akun online shop yang terpercaya memiliki jumlah pengikut yang banyak dan juga sudah banyak sekali testimoninya. Dan jika ingin mendapatkan online shop yang terpercaya bisa juga memilih online shop yang direkomendasikan oleh para artis atau pun selebgram.

  • Membaca dengan Cermat Kebijakan Online Shop

Jika ingin berbelanja online maka biasanya kita tidak peduli dengan peraturan atau kebijakan yang ada di toko online tersebut. Karena sudah ingin cepat berbelanja, terkadang suka tidak membaca kebijakan yang ada. Padahal kebijakan yang ada di online shop tersebut sangat penting, dan bisa menjadi wacana untuk nanti-nanti jika ada kesalahan dalam membeli barang dari toko tersebut. Seperti misalnya barang rusak, salah kirim barang atau yang lainnya.

  • Tidak Mudah Percaya dengan Barang Murah

Saat ini ada banyak sekali toko online yang menjual barang dengan harga murah. Bahkan ketika akan belanja di toko biasa sangat mahal, namun ada pula toko online shop yang menjual dengan harga yang sangat murah. Hal ini harus diwaspadai agar tidak kena tipu.

Nah itulah tips-tips penting untuk semua orang yang suka sekali dengan belanja online. tips-tips diatas adalah tips yang sangat bermanfaat dimana agar ketika melakukan transaksi belanja online harus berhati-hati supaya tidak tertipu. Begitu pun juga ketika akan memilih situs online atau aplikasi belanja online, harus berhati-hati agar tidak kena tipu.